Tips Yang Sering Dilupakan: Cara Sederhana Meningkatkan Umur Battery DJI Anda dan Memaksimalkan Kinerja Drone!

Baterai adalah kunci sukses bagi drone DJI anda untuk merekam video petualangan yang epik. Memiliki drone yang tahan lama dan memberikan performa optimal adalah impian setiap pengguna. Namun, tahukah Anda bahwa perawatan baterai yang benar adalah kunci untuk mewujudkannya? Jangan khawatir, kami telah mengumpulkan beberapa tips perawatan praktis yang akan menjaga baterai DJI Anda tetap dalam kondisi optimal dan memaksimalkan umur pakainya. Tips ini berlaku untuk drone consumer DJI apa saja, yaitu DJI Mavic 3 Pro, Mavic 3 Classic, Mavic 3, Mini 3 Pro, Mini 3, Air 2S, Mavic Air 2, Mini 2 SE, Inspire 3, Avata, FPV, Phantom 4 Pro V2.0.

Oh ya, cara ini juga berlaku untuk drone DJI enterprise dan Agriculture, yaitu Phantom 4 RTK SE, Matrice 30T, Matrice 30, Matrice 300 RTK, Matrice 350 RTK, Mavic 3 Enterprise, Mavic 3 Thermal, Mavic 3 Multispectral, Agras T40, Agras T30, Agras T20P, dan Agras T10. Tetapi untuk DJI Matrice 350 RTK, Matrice 300 RTK, Matrice 30, dan Matrice 30T ada sedikit berbeda dalam merawat baterai-nya yang akan kita bahas di artikel selanjutnya!

  • Konten dalam artikel
    • Tips merawat battery DJI
    • Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan
    • Trik Merawat Battery DJI
    • Kesimpulan

Tips Merawat Battery DJI

Berikut tips merawat battery DJI yang sudah dirangkum oleh tim DJI Ratu Enterprise!

  1. Jangan biarkan baterai terlalu kosong atau terlalu penuh: Hindari mengosongkan baterai sepenuhnya atau mengisi baterai hingga 100% jika ingin disimpan lebih dari 1 bulan. Disarankan untuk menjaga kapasitas battery antara 30% hingga 60% maksimal untuk memperpanjang umur baterai jika tidak digunakan.
  2. Mengisi dan Menguras secara Berkala: Penting untuk mengisi dan menguras baterai DJI secara berkala, bahkan jika Anda tidak menggunakannya dengan frekuensi tinggi. Disarankan untuk melakukan siklus pengisian dan pengurasan penuh setidaknya 3 bulan sekali dan ulangi step nomor 1. Hal ini membantu menjaga baterai tetap aktif dan seimbang.
  3. Hindari suhu ekstrem: Jauhkan baterai DJI dari suhu yang sangat panas atau sangat dingin. Suhu yang ekstrem dapat merusak baterai dan mempengaruhi performanya. Simpan baterai pada suhu yang stabil dan sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  4. Gunakan baterai secara teratur: Jika Anda tidak menggunakan drone dalam waktu yang lama (contoh 5 bulan), pastikan untuk menggunakan baterai secara berkala. Mengaktifkan baterai dan menggunakannya sedikit dapat membantu menjaga kinerja baterai.
  5. Periksa kondisi fisik baterai: Selalu periksa kondisi fisik baterai DJI sebelum penggunaan. Pastikan tidak ada kerusakan fisik atau tanda-tanda keausan yang signifikan.
  6. Gunakan charger yang tepat: Selalu gunakan charger yang tepat yang sesuai dengan spesifikasi battery atau charger original DJI untuk mengisi ulang baterai. Charger yang buruk atau berkualitas rendah dapat merusak baterai dan mengurangi umur pakainya.
  7. Ikuti petunjuk penggunaan: Bacalah petunjuk penggunaan yang disediakan oleh DJI untuk informasi lebih lanjut tentang pengoperasian dan perawatan baterai dengan benar. Ikuti instruksi yang diberikan untuk memastikan kinerja dan keamanan yang optimal.

Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan

Seringkali pilot lalai dalam merawat battery ketika sudah selesai menerbangkan drone nya (contoh: Mavic 3 Pro), padahal battery drone yang baru selesai diterbangkan masih memiliki suhu yang panas dan banyak pilot yang langsung menyimpannya ke dalam kotak atau tas penyimpanan drone sehingga panas battery tidak bisa keluar dan/ atau langsung mengisi ulang battery dan menyebabkan battery menjadi kembung. Kesalahan fatal yang lain adalah menyimpan battery di tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas, kesalahan ini dapat menyebabkan sel battery DJI anda mati sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Trik Merawat Battery DJI

Setelah membaca tips dan kesalahan fatal diatas, DJI Ratu Enterprise memiliki trick-trick yang terbukti mampu membuat battery DJI anda panjang umur! Simak trick berikut ini:

  1. Jangan menyimpan di ruangan yang lembab karena akan ada kemungkinan droplet air bisa masuk kedalam komponen listrik battery sehingga battery bisa terindikasi water damage. Simpanlah di tempat yang kering
  2. Jangan menyimpan di tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas. Simpanlah di tempat yang memiliki suhu stabil
  3. Jangan langsung menyimpan battery DJI ke dalam tas atau kotak penyimpanan setelah battery selesai diterbangkan, biarkan dahulu sekitar 10-15 menit untuk suhu turun atau anda bisa menggunakan kipas untuk pendinginan yang lebih cepat sebelum dimasukkan ke dalam kotak atau tas penyimpanan
  4. Jangan langsung mengisi daya battery DJI: Walaupun DJI memiliki sistem mutakhir untuk tidak membiarkan daya masuk ketika battery masih panas, tetapi alangkah baiknya untuk tidak langsung mengisi daya selepas selesai menerbangkan drone

Kesimpulan

Walaupun DJI sudah memberikan banyak kemudahan untuk kehidupan sehari-hari, tetapi anda tetap perlu menjaga dan merawat battery untuk tetap bekerja dan berfungsi optimal selayaknya battery baru. Dengan menerapkan tips and trick ini, DJI Ratu Enterprise berharap battery anda selalu optimal!

Dapatkan promo atau update terbaru perihal produk DJI dengan menghubungi kami! DJI Ratu Enterprise telah berdiri sejak 2016 dan menjual produk DJI dengan garansi resmi. Kami juga bisa melakukan perbaikan/atau servis dengan garansi servis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *